MODEL KURIKULUM
1. Kurikulum Humanistik
Kurikulum
ini lebih menekankan pada perkembangan masing-masing individu dari peserta
didik. Dalam kurikulum ini, guru diharapkan dapat membangun hubungan emosional
yang baik dengan peserta didiknya. Model kurikulum ini juga tidak menekankan
pada hasil akhir atau produk, akan tetapi evaluasi dari kurikulum humanistik
ini lebih memberi penekanan pada proses yang dilakukan sebagai sebuah manfaat
bagi peserta didik di masa depan.
Kelas
yang baik akan menyediakan berbagai pengalaman untuk membantu peserta didik
menyadari potensi mereka dan peserta didik. Dalam kurikulum ini, guru
diharapkan berperan sebagai pendengar yang baik, menghormati individu peserta
didik, dan tampil apa adanya.
2. Kurikulum Rekonstruksi Sosial
Kurikulum
ini sangat memerhatikan hubungan kurikulum dengan sosial masyarakat dan politik
perkembangan ekonomi. Contoh prinsip kurikulum ini di antaranya kemampuan
menentukan nasib sendiri sesuai arahan yang mereka inginkan, masalah hak asasi
kaum minoritas, dan lain-lain. Pembelajaran yang dilakukan dalam kurikulum ini
harus nyata, membutuhkan tindakan, dan harus mengajarkan nilai.
Evaluasi
dalam kurikulum ini yaitu kemampuan peserta didik dalam menyampaikan
permasalahan, kemungkinan pemecahan masalah, pendefinisian kembali pandangan
mereka tentang dunia, dan kemauan mengambil tindakan atas suatu ide.
3. Kurikulum Tekhnologi
Kurikulum
ini dikenal dalam bentuk pembelajaran berbasis komputer, sistem pembelajaran
individu, serta kaset atau vidio pembelajaran. Tekhnologi memengaruhi kurikulum
dengan cara aplikasi dan teori. Model tekhnologi ini hanya menekankan
pengembangan efektivitas produk saja, sedangkan perhatian untuk mengubah
lingkungan yang lebih luas, seperti organisasi sekolah, sikap guru, dan cara pandang
masyarakat sangat kurang.
4. Kurikulum Akademik
Kurikulum
ini lebih menginginkan peserta didik berlaku layaknya seorang ahli pada bidang
tertentu seperti ahli fisika, ahli matematika, atau sejarawan. Kelemahan dalam
kurikulum ini adalah kegagalan untuk memberikan perhatian pada yang lainnya,
dan melihat bagaimana isi dan disipin dapat membawa mereka pada permasalahan
kehidupan modern yang kompleks yang tidak dapat dijawab oleh satu ilmu saja.
Oleh : LILI HERNAWATI
15.1.10.4.010 (Matematika V.A)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar